Iklan

Dalil Salat Tarawih 20 Rakaat



Pada umumnya salat sunah dijelaskan oleh Nabi  صلى الله عليه وسلم berapa rakaatnya, seperti Witir, Dluha, salat Tasbih, salat hari raya, salat gerhana, salat minta hujan dan sebagainya. Namun dalam salat Tarawih ini tidak dijelaskan segamblang salat sunah lain. Namun penetapan Tarawih 20 rakaat ini bersuumber dari riwayat sahih berikut ini:


Ada 4 Tabiin yang meriwayatkan Tarawih 20 rakaat.
1. Said bin Yazid
َع ِن ال هسائِ ِب بْ ِن يَِزيَْد أَنههُ قَا َل ( أَ هن عَُمَر ب َن الَْطها ِب َر ِض َي ا هللَُّ َعنهُ َجَِ َع النها َس ِفِ
َرَم َضا َن َعلَى أَُِب ب ِن َكع ٍب َوَعلَى َتِِيٍم ال هداِر ِي عَلَى إِح َدى َوِعشِري َن َركَعةً ، يَقَرُؤوَن
ِبِلمِئِ َيْ ، َويَن َصِرفُوَن ِعن َد فُُروِع الَفجِر )

“Umar mengumpulkan umat Islam di bulan Ramadhan dengan Imam Ubay bin Ka’b dan Tamim al-Dari, dengan 21 rakaat1. Mereka membaca ayat-ayat ratusan. Baru selesai ketika menjelang Subuh” (Riwayat al-Baihaqi dalam al-Sunan 2/496, Abdurrazzaq dalam al Mushannaf 4/260)

2. Yazid bin Rauman
َع ْن يَِزيَْد بْ ِن َرْوَما َن قَا َل ( َكا َن النها ُس يَُقوُموَن ِفِ َزَما ِن عَُمَر ب ِن الَْطها ِب ِفِ َرَم َضا َن
بِثَلاَ ٍث َوِع ْشِريْ َن َرْكَعةً )

“Umat Islam di masa Umar beribadah di malam bulan Ramadhan dengan 23 rakaat” (al Muwatha’ Malik, 1/115)

3. Yahya bin Said al-Qathan
َع ْن َْيَ َيَ بْ ِن َسِعْي ِد الَْقطها ِن ( أَ هن عَُمَر ب َن الَْطها ِب أََمَر َرُجلا يُ َصلِي ِبهِْم ِع ْشِريْ َن َرْكَعةً )
“Umar memerintahkan seseroang menjadi imam salat Tarawih dengan umat Islam sebanyak 20 rakaat” (Riwayat Ibnu Abi Syaibah, al-Mushannaf, 2/163)

4. Abdul Aziz bin Rafi’
َع ْن َعْب ِد الَْعِزيِْز بْ ِن َرفِْي ٍع قَا َل ( َكا َن أَُُّب ب ُن َكع ٍب يُ َصلِي ِبِلنها ِس ِفِ َرَم َضا َن ِبِلمَِدينَِة
ِع ْشِريْ َن َرْكَعةً ، َويُوتُِر بِثَلا ٍث )
“Ubay bin Ka’b menjadi imam Tarawih di bulan Ramadhan di Madinah sebanyak 20 rakaat dan witir 3 rakaat” (Riwayat Ibnu Abi Syaibah, al-Mushannaf, 2/163) Para Tabiin ini membuktikan bahwa di Madinah saat itu salat Tarawih 20 rakaat. Imam al-Tirmidzi berkata:

" َوأَ ْكثَُر أَْه ِل الِْعلِْم َعلَى َما ُرِو َي َع ْن عَُمَر َوَعلِ ٍي َوغَِْيِْهَِا ِم ْن أَ ْص َحا ِب النهِِبي صلى الله عليه وسلم ِع ْشِري َن
َرْكَعةً َوُهَو قَْوُل الثهْوِر ِي َوابْ ِن الْ ُمبَاَرِك َوال هشافِِع ِي . وقَا َل ال هشافِِع ُّي َوَه َك َذا أَْدَرْك ُت بِبَلَ ِدَنَ
ِبَِ هكةَ يُ َصلُّوَن ِع ْشِري َن َرْكَعةً .
“Mayoritas ulama mengikuti riwayat Umar, Ali dan sahabat Rasulullah  صلى الله عليه وسلمyang lainnya sebanyak 20 rakaat. Ini adalah pendapat al-Tsauri, Abdullah bin Mubarak dan al-Syafii. Al-Syafii berkata: Seperti ini yang saya jumpai di Negeri kami Makkah. Umat Islam salat
20 rakaat” (Sunan al-Tirmidzi 3/169)

Jika masih ada kelompok yang menggugat keabsahan Tarawih 20 rakaat, maka cukup dibantah dengan pernyataan ulama Salafi, Syaikh Abdullah Alfaqih, berikut:


َوِبَِ ْج ُمْوِع َه ِذهِ الِرَواَيَ ِت يَتَبَ هُيْ أَ هن الِْع ْشِريْ َن َرْكَعةً َكانَ ْت ِه َي ال ُّسنهةَ الْغَالِبَةَ َعلَى التهَرا ِويْ ِح
ِفِ َزَم ِن عَُمَر بْ ِن ا ْلَْطها ِب َر ِض َي اللهُ َعْنهُ ، َوِمثْ ُل َصَلاةِ التهَرا ِويْ ِح أَْمٌر َم ْشُهْوٌر يَتَنَاقَلُهُ
ا ْلَْْي ُل َوَعاهمةُ النها ِس ، َوِرَوايَةُ يَِزيَْد بْ ِن َرْوَما َن َوَْيَ َيَ الَْقطها ِن يُْعتَبَ ُر ِبهَِما َوإِ ْن َكاَنَ َلَْ يُْدِرَكا
عَُمَر ، فَِإنهُه َما َوَلا َش هك تَلَهقيَاهُ َع ْن َْمج ُمْوِع النها ِس الهِذيْ َن أَْدَرُكْوُه ْم ، َوذَلِ َك أَْمٌر َلا َْيَتَا ُج
إَِلِ َرُج ٍل يُ َسنِ ُدهُ ، فَِإ هن الَْم ِديْنَةَ ُكلهَها تُ َسنِ ُدهُ . (فتاوى الْسلام سؤال وجواب - ج / 1
)6187 ص

“Secara keseluruhan dari riwayat ini menjadi jelas bahwa 20 rakaat adalah sunat yang unggul dalam Tarawih di zaman Umar bin Khattab. Yang seperti Tarawih ini adalah hal yang populer yang diwariskan dari generasi dan mayoritas umat Islam. Riwayat Yazid bin Rauman dan Yahya Qattan adalah diterima, meski keduanya tidak menjumpai Umar. Sebab keduanya sudah tidak diragukan lagi menerima amalan ini dari sekelompok umat Islam yang menjumpai Umar dan Sahabat. Hal semacam ini tidak perlu sanad, sebab penduduk Madinah secara keseluruhan menjadi sanad Tarawih” (Fatawa Al-Islam 1/6187)

Post a Comment

0 Comments